PIVOT TABLE

 PIVOT TABLE

        Pivot Table adalah sebuah fitur yang ada di excel yang bisa di akses dari Insert dan kemudian memilih menu Pivot Table. Dengan Pivot Table dapat dengan mudah mengolah data, meringkas, mehgitung dan menganalisis data yang memungkinkan untuk melihat perbandingan, pola dalam data.

        Langkah pembuatan Pivot Table:

            1. Membuat data informasi, seperti berikut:


            2. Mengeblok table atau ketik CTRL+A 

            3. Di Tab Insert klik Pivot Table (dipaling kiri)

            4. Saat muncul tabel klik bagian "Exiting worksheet"

            5. Klik "Location" yang ada dibawahnya kemudian pilih kolom untuk menahmabhkan pivot table, contoh di F4

            6. Pada menu Pivot Table Fields disebelah kanan, kita bisa klik area, menahannya dan memasukkan ke kotak Rowa dibawah sehingga pilihan Area mendapat tanda ceklis, berikutnnya Penjualan dikotak Value, Bulan dikotak Columns, dan Motor di kotak Filters yang nantinya akan muncul menu di atas Pivot Table, seperti:

            7. Untuk menu dikolom G2 bisa diganti sesuai informasi yang diinginkan.


Sumber Youtube: Ignasius Ryan

Komentar

Postingan Populer